10 Tips Menjawab Soal Penilaian Akhir Semester dengan Efektif
admin Posted on 5:37 pm

10 Tips Menjawab Soal Penilaian Akhir Semester dengan Efektif

10 Tips Menjawab Soal Penilaian Akhir Semester Secara Efektif

10 Tips Menjawab Soal Penilaian Akhir Semester dengan Efektif
Sistem Ujian PAS

PAS dilakukan dengan model ujian tertulis. Otomatis, yang akan Anda hadapi adalah pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan materi pelajaran yang Anda pelajari di kelas.

Kalau soal pemahaman konsep materi yang sudah diajarkan, seharusnya sudah menguasainya. Jika tidak, coba buka buku catatan Anda, atau catatan di ponsel cerdas Anda.

Apa? Kosong? Wah, harus berisi gambar idola atau tidak, meme atau foto kucing ya? Tidak apa-apa, sebenarnya, terkadang kemauan bisa memotivasi Anda untuk belajar juga.

Persiapan Sebelum Ujian

Selain memiliki strategi yang baik dalam mengerjakan soal secara efektif, tetap penting untuk membawa bekal yang cukup saat memasuki ruang ujian, kan! Meninjau materi penting untuk membuktikan bahwa selama semester, Anda memahami apa yang Anda pelajari.

Yuk langsung saja simak video pembelajaran Ruangsiswa di aplikasi Ruangguru terlebih dahulu. Isinya sama dengan apa yang telah Anda pelajari selama ini, dan lebih eksploratif, sehingga Anda dapat memahaminya dengan cepat dan mudah.

Selanjutnya, jika Anda sudah merasa paham, mulailah berlatih dan akhiri pemahaman Anda dengan soal-soal latihan soal ujian. Jika Anda ingin mencoba tryout? bisa banget coba di test room, bingung mau ngapain? tinggal tanya roboguru gampang kan belajarnya sekarang hehe

Banyak soal latihan. Jika memungkinkan, semua pelajaran akan diuji. Tentu lebih baik bingung dan bisa mencari solusi saat latihan soal, daripada bingung saat ujian, bukan?

Nah, agar kamu semakin terpacu untuk mempersiapkan diri menghadapi PAS, kamu bisa mengikuti beberapa tips menjawab soal PAS secara efektif dari Ruangguru!

1. Siapkan semua perlengkapan yang harus kamu siapkan

Mengikuti ujian tentunya juga harus dipersiapkan baik secara materil maupun teknis. Hal pertama yang harus kamu persiapkan agar bisa tenang mengikuti ujian yaitu dengan disiplin membawa segala perlengkapan yang dibutuhkan saat ujian. Peralatan yang umumnya dibutuhkan antara lain:

Pensil
Penghapus
Penguasa Ujian
Pulpen
Kalkulator (jika diizinkan)
kartu ujian
Kartu pelajar
pensanitasi tangan
Masker
Seragam lengkap (jika ujian tatap muka)

Baca juga: 10 Cara Meningkatkan Daya Ingat Secara Efektif Agar Tidak Cepat Lupa

2. Cek dan pastikan soal tidak bermasalah

Sering diabaikan, tapi sebenarnya; langkah pertama ini sangat penting. Setelah soal dibagikan dan doa dipanjatkan, saatnya membuka dan membaca soal. Luangkan waktu 1 menit untuk memeriksa pertanyaan. Cek nomornya, lalu centang pilihan gandanya juga. Hal ini sangat penting untuk dilakukan, agar ketika sedang di tengah-tengah pekerjaan, saat sedang berkonsentrasi tidak terganggu oleh masalah teknis pada soal-soal yang dibuat. Karena memakan waktu dan mengganggu konsentrasi.

Penting juga untuk berhati-hati dengan kondisi fisik alat tes, jika mengambil PAS offline di sekolah, periksa kondisi kertas jawaban, dan lembar soal ujian. Pastikan tidak ada yang rusak, apalagi jika sekolah Anda telah melaksanakan ujian yang hasilnya diperiksa oleh komputer.

Bagi anda yang masih online dari belajar hingga ujian (mohon bersabar ya) Pastikan semua hal teknis mulai dari laptop atau smartphone anda dalam kondisi sehat dan siap untuk ujian, koneksi internet tetap lancar, sehingga untuk tidak mengganggu Anda selama ujian.

3. Buatlah tiga pembagian soal berdasarkan tingkat kesulitannya

Setelah belajar selama 1 semester, tentunya kamu tahu kalau kamu jago di bidang dan materi apa. Setelah Anda memeriksa dan memastikan tidak ada kekurangan pada soal, saatnya Anda menentukan soal mana yang menurut Anda paling mudah, sedang, dan paling sulit. Cara ini sangat baik dilakukan sebelum Anda mencoba menjawab semua pertanyaan.

Anda dapat menandai pertanyaan sesuai dengan tingkat kesulitannya. Misalnya, pertanyaan yang paling mudah untuk Anda tandai, pertanyaan yang Anda tandai dalam lingkaran, dan pertanyaan yang paling sulit untuk Anda tandai di kotak. Dengan melakukan pembagian ini, Anda akan mengetahui dan dapat menentukan prioritas dalam menjawab pertanyaan. Jadi lebih efektif.

Selanjutnya, Anda bisa mulai mengurutkan soal dari yang termudah atau tersulit terlebih dahulu. Sebenarnya dianjurkan untuk memulai dari yang paling mudah, lalu yang paling sulit, mengapa demikian? Karena memulai dari soal yang paling mudah sedikit banyak bisa membuat rasa percaya diri Anda meningkat untuk menemukan solusi pemecahan masalah dari soal-soal tersebut. Bahasa kerennya biar mental gak breakdance pas baru mulai, udah ketemu pertanyaan yang bikin garuk-garuk kepala.

Sumber :