pengertian-teknologi
admin Posted on 12:17 pm

Pengertian Teknologi, Manfaat, Jenis dan Menurut Para Ahli

Pahami teknologi

pengertian-teknologi

Secara umum, istilah teknologi adalah ilmu yang mempelajari keterampilan dalam pembuatan alat, metode pemrosesan, dan penggalian benda untuk membantu menyelesaikan berbagai masalah, serta pekerjaan manusia sehari-hari.

Ada juga yang menyatakan bahwa pentingnya teknologi ini adalah segala sarana dan prasarana yang diciptakan manusia untuk menyediakan segala macam barang yang dibutuhkan demi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia itu sendiri. Secara etimologis, kata “teknologi” berasal dari bahasa Yunani yaitu “technologia”, dimana kata “tech” berarti ilmu spesialis dan logia artinya “pengetahuan”.

Selama ini pengertian teknologi hanya terbatas pada benda-benda yang memiliki bentuk, seperti B. Mesin dan alat. Namun makna dari teknologi ini telah berkembang dan tidak terbatas pada objek material saja, tetapi juga pada objek intangible seperti metode, ilmu pengetahuan, software dan lain-lain. Sehingga pengertian dari teknologi ini adalah suatu metode, proses, alat, mesin, aktivitas atau ide yang memfasilitasi segala macam aktivitas manusia.

Pahami teknologi menurut para ahli

Untuk lebih memahami apa arti teknologi, kita dapat mengacu pada pendapat beberapa ahli, di antaranya sebagai berikut:

1. Menurut Iskandar Alisyahbana

Pengertian teknologi ini adalah cara melakukan sesuatu, dengan bantuan alat dan nalar, untuk memenuhi kebutuhan manusia sehingga tampak memperluas, memperkuat, atau bahkan memperkuat anggota tubuh, indera dan otak manusia.

2. Menurut Manuel Castells

Definisi teknologi ini adalah alat, aturan, dan proses untuk menerapkan pengetahuan ilmiah pada pekerjaan tertentu dalam kondisi yang memungkinkan / memungkinkan untuk pengulangan.

3. Setelah Gary J. Anglin

Pentingnya teknologi ini adalah penerapan sistematis dan sistematis dari ilmu perilaku dan alam serta pengetahuan lain untuk memecahkan masalah manusia.

4. Setelah Jacques Ellil

Pengertian teknologi ini adalah keseluruhan metode yang mengarah secara rasional dan memiliki sifat efisiensi dalam setiap aktivitas manusia.

5. Menurut Merriam Webster

Pengertian teknologi merupakan penerapan ilmu praktis khususnya dalam bidang-bidang tertentu; bagaimana melakukan tugas terutama menggunakan proses teknis, metode, atau pengetahuan; serta aspek khusus dari area bisnis tertentu.

Jenis teknologi

Saat ini, teknologi telah menyentuh hampir setiap bidang kehidupan manusia. Di bawah ini adalah beberapa jenis teknologi, di antaranya sebagai berikut:

1. Teknologi informasi

Teknologi informasi (TI) merupakan teknologi yang dapat membantu orang berbagi informasi dengan orang lain dalam waktu yang singkat. Beberapa produk yang termasuk dalam teknologi ini antara lain: televisi, radio, media online, dan lain-lain.

2. Teknologi komunikasi

Teknologi komunikasi ini merupakan teknologi yang memungkinkan manusia untuk saling berkomunikasi dan saling mengirim informasi menggunakan perangkat khusus. Beberapa produk yang termasuk dalam teknologi komunikasi antara lain: smartphone, mesin fax, email, aplikasi chat, dan lainnya.

3. Rekayasa lalu lintas

Teknologi transportasi ini merupakan teknologi yang membantu orang berpindah (transportasi) dari satu tempat ke tempat lain dalam waktu yang singkat. Beberapa produk yang termasuk dalam teknologi ini antara lain: kereta listrik, mobil, pesawat, kapal.

4. Teknologi pendidikan

Teknologi pendidikan ini merupakan teknologi yang berhubungan dengan dunia pendidikan dimana kegiatannya menggunakan alat-alat tertentu. Beberapa di antaranya adalah dalam bidang teknologi pendidikan, seperti: metode pengajaran terkini, peralatan laboratorium sekolah, komputer, OHP dan lain-lain.

5. Teknologi medis

Teknologi kedokteran ini merupakan suatu teknologi yang berhubungan dengan dunia kedokteran dimana teknologi komputer telah banyak digunakan dalam kegiatan kedokteran. Beberapa produk yang termasuk dalam teknologi kedokteran ini antara lain: tensimeter, termometer tubuh, stetoskop, alat suntik dan infus, mesin ultrasound, mesin x-ray dan lain-lain.

6. Rekayasa struktural

Teknologi bangunan ini merupakan salah satu teknologi yang berhubungan dengan struktur bangunan. Beberapa di antaranya termasuk seperti; Metode kerja, software gambar konstruksi (AutoCAD), alat berat, dll.

Keuntungan teknologi bagi manusia

Pada dasarnya keunggulan teknologi ini adalah untuk memudahkan dan mempercepat berbagai aktivitas manusia di berbagai bidang kehidupan. Berkaitan dengan pengertian teknologi, di bawah ini adalah beberapa manfaat dari teknologi tersebut, diantaranya sebagai berikut:

1. Informasi dan komunikasi

Keunggulan teknologi yang paling menonjol di bidang informasi dan komunikasi adalah proses yang sederhana, cepat dan murah. Jika dulu kami dapat berkomunikasi dari jarak jauh menggunakan surat, telepon rumah, dan telegram, sekarang kami dapat melakukannya dengan sangat cepat melalui ponsel cerdas, aplikasi obrolan, dan email.

2. Ekonomi dan Bisnis

Ada banyak manfaat teknologi dalam bisnis seperti yang ada saat ini. Sebagai contoh; adanya mesin anjungan tunai mandiri (ATM) dan internet banking yang memudahkan proses transaksi pembayaran. Selain itu, teknologi ini juga memudahkan proses pengiriman dengan segala jenis layanan ekspedisi menggunakan teknologi internet dan aplikasi mobile yang mempercepat pengiriman barang.

3. Bidang pendidikan

Teknologi ini juga menawarkan banyak manfaat dan kemudahan pendidikan. Salah satunya dengan adanya sistem e-learning.

Dengan sistem pembelajaran terbaru ini, para siswa tidak harus datang ke situs sekolah, mereka cukup membuka website atau aplikasi dan mengakses bahan pelajaran secara online.

4. Sektor transportasi

Teknologi ini telah memberikan banyak keuntungan dan kemudahan di bidang transportasi baik itu barang maupun manusia. Adanya berbagai jenis transportasi, seperti Mobil, sepeda motor, pesawat dan kapal membuat perjalanan manusia menjadi lebih mudah dan cepat.

5. Bidang kesehatan

Manfaat teknologi ini juga dirasakan di bidang medis, di mana penemuan berbagai metode, obat, perangkat, dan mesin baru dapat membantu dokter dan perawat menyelesaikan pekerjaannya.

Sekian dan terima kasih telah membaca tentang pengertian teknologi, manfaat, jenis dan pakar menurut. Semoga apa yang dijelaskan semoga bermanfaat untuk anda.

Sumber :