pengertian-minat
admin Posted on 9:41 pm

Pengertian Minat, Karakteristik, dan Contohnya

Definisi minat

pengertian-minat

Secara umum konsep bunga adalah perhatian yang mengandung unsur perasaan. Minat ini adalah dorongan atau keinginan seseorang terhadap objek tertentu. Contohnya adalah minat dalam studi, olahraga, atau hobi. Minat memiliki karakter pribadi (individu). Artinya setiap orang memiliki kepentingan yang mungkin berbeda dengan kepentingan orang lain. Minat ini erat kaitannya dengan motivasi seseorang, sesuatu yang sedang dipelajari. dan bisa juga berubah, tergantung kebutuhan, pengalaman dan juga fashion yang sedang trending, bukan bawaan. Faktor-faktor yang mempengaruhi asal usul minat seseorang bergantung pada kebutuhan fisik, sosial, emosional, dan pengalaman seseorang. Minat dimulai dengan perasaan senang dan sikap positif.

Dari pengertian bunga di atas dapat disimpulkan bahwa minat ini tidak statis atau berhenti, tetapi dinamis dan juga mengalami pasang surut. Minat ini juga bukan bawaan lahir, tetapi sesuatu yang bisa dipelajari. Artinya sesuatu yang tadinya tidak diinginkan bisa menjadi sesuatu yang menarik karena adanya masukan atau wawasan baru dan pola pikir baru.

Faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan kepentingan

Di bawah ini adalah beberapa faktor yang mempengaruhi lahirnya minat dalam diri seseorang, diantaranya sebagai berikut:

Faktor pendorong

Faktor pendorong ini adalah faktor yang paling dekat dengan kita, yang muncul pada faktor ini atau yang ada di luar diri kita. Faktor ini dianggap paling penting karena tanpa faktor ini tidak ada bunga yang bisa muncul atau direalisasikan. Misalnya, jika kita ingin menjernihkan kebingungan, kita akan melakukan aktivitas seperti bermain gitar dan menyanyikan lagu-lagu bahagia. Itu berasal dari Anda.

Faktor motivasi sosial

Faktor motivasi sosial ini juga merupakan faktor lain yang dapat mempengaruhi minat. Faktor tersebut merupakan faktor dalam melaksanakan suatu kegiatan agar dapat diterima dan dikenali oleh lingkungan. Kepentingan ini merupakan semacam kompromi antara individu dengan lingkungan sosialnya. Contohnya adalah minat belajar musik karena ingin menjadi pemain musik profesional.

Faktor emosional

Faktor emosional ini sangat erat kaitannya dengan emosi, karena faktor ini bersifat kompleks dan menyertai seseorang yang terhubung dengan objek dan juga kepentingannya. Keberhasilan seseorang terletak pada aktivitasnya karena aktivitas itulah yang membangkitkan perasaan senang atau puas, sedangkan saat kegagalan mendekat, minat pada aktivitas atau aktivitas tersebut berkurang.

Karakteristik suku bunga

Ada tiga (3) ciri minat, diantaranya sebagai berikut:

  • Minat membangkitkan sikap positif terhadap suatu objek.
  • Bunga ini menyenangkan dan juga muncul dari suatu objek.
  • Minat itu mengandung unsur penghargaan, menuntun pada keinginan dan juga kegairahan mendapatkan sesuatu yang diinginkan.

Definisi yang diminati oleh para ahli

Di bawah ini pemahaman tentang bunga tersebut, diantaranya sebagai berikut:

Minat setelah Decroly

Bunga adalah pernyataan tentang kebetulan yang tidak terpenuhi. Kebutuhan ini muncul dari dorongan untuk memberikan kepuasan pada naluri. Ketertarikan ini tidak hanya berasal dari satu sumber, tetapi anak-anak juga dapat memperoleh minat dari sumber lain. Misalnya kebiasaan dan pendidikan yang mereka terima, pengaruh sosial dan lingkungan serta naluri atau keinginan mereka dan anak.

Ketertarikan pada Sardiman

Dikutip dari buku Sardiman tahun 1990, ia menyatakan bahwa jika mereka dapat menemukan objek yang disukainya dengan tepat sasaran, minat akan terlihat bagus, dan itu juga terkait langsung dengan keinginan tersebut. Bunga tersebut juga harus memiliki objek yang jelas untuk memudahkan orang tersebut mengambil posisi dan menemukan objek yang tepat.

Minat setelah Syaiful Bahri Djamarah

Jika seseorang tertarik dengan suatu aktivitas, dia senang menikmati aktivitas tersebut dan juga memperhatikannya. Minat yang sangat besar ini tentunya akan mempengaruhi tingkah laku dan juga derajat kemalasan seseorang. Menurutnya minat dalam bukunya “Psychology of Learning” ini merupakan kegiatan atau kegiatan yang bersifat permanen dan dilakukan dengan tujuan untuk memperhatikan dan mengingat beberapa kegiatan yang disukai, baik disengaja maupun tidak.

Minat pada gagak dan gagak

Minat adalah sesuatu yang berkaitan dengan gaya gerak yang memungkinkan seseorang untuk tertarik pada suatu objek dalam suatu aktivitas atau aktivitas tertentu. Ini juga bisa menjadi pengalaman yang cukup efektif yang bisa berasal dari aktivitas atau aktivitas itu sendiri. Ketertarikan ini bisa jadi berasal dari kebiasaan yang sering dilakukan.

Minat Laut Rast, Harmin dan Simon

Ahli tersebut menunjukkan bahwa hal-hal yang menarik adalah:

  • Ada rasa senang pada diri sendiri yang memperhatikan objek tertentu.
  • Ada juga minat pada objek tertentu.
  • Adanya aktivitas pada objek tertentu.
  • Cenderung lebih aktif
  • Objek aktivitas dianggap fungsional dalam kehidupan dan,
  • Kecenderungan tersebut bersifat langsung dan juga mempengaruhi perilaku individu.

Kekhawatiran setelah Abdul Rahman saleh

Dalam bukunya An Introduction to Psychology from an Islamic Perspective, ia menjelaskan bahwa minat ini merupakan kecenderungan untuk memperhatikan dan juga merespon dengan perasaan senang atau gembira terhadap orang, aktivitas, atau situasi yang menjadi pokok perhatian tersebut.

Minat setelah Witherington

Minat adalah kesadaran seseorang terhadap objek, orang, masalah, atau situasi yang ada hubungannya dengan mereka atau dipandang sebagai sesuatu yang disadari.

Minat menurut Bimo Walgito

Minat adalah keadaan di mana seseorang memiliki ketertarikan pada sesuatu dan juga disertai dengan keinginan untuk mengetahui dan juga untuk belajar atau membuktikan lebih jauh apa yang dia bisa dan apa yang dia pelajari.

Minat setelah Sobur

Ia meyakini bahwa minat tersebut memiliki keinginan yang kuat dengan adanya perhatian yang dimilikinya, dimana perhatian tersebut dapat menimbulkan suatu kemauan pada diri seseorang. Selain itu, kemauan juga memiliki hubungan yang erat dengan kondisi fisik seperti sakit, kelelahan, lesu, atau sehat dan bugar. Hal yang sama berlaku untuk kondisi mental seperti bahagia, tidak bahagia, tegang, bersemangat, dan sebagainya.

Minat setelah Slameto

Minat adalah rasa simpati yang berlebihan dan juga rasa keterikatan pada sesuatu atau suatu aktivitas / aktivitas tanpa diminta. Dalam pandangannya, minat adalah sesuatu yang terlihat pada dirinya sendiri dan juga memiliki keterkaitan dengan hal-hal yang ada di luar dirinya. Semakin kuat atau dekat hubungan tersebut, semakin besar minatnya.

Dari pendapat para ahli di atas, dapat disimpulkan bahwa munculnya minat seseorang disebabkan oleh beberapa faktor penting yaitu, faktor yang mempengaruhi minat baik dari dalam maupun dari faktor emosional atau eksternal, baik dari aspek dorongan maupun sosial.

Nah demikianlah penjelasannya, semoga yang telah dijelaskan di atas dapat bermanfaat untuk teman-teman yang membaca di Pendidikan.co.id. Terima kasih

Sumber :