jenis-kesalahan-program-dan-cara-mengatasinya
admin Posted on 3:51 pm

jenis kesalahan program dan cara mengatasinya

Bug adalah situasi umum yang dihadapi programmer saat membuat kode. Kesalahan dalam program masih bisa diperbaiki. Jadi Anda tidak perlu panik dan memulai pemrograman dari awal.

jenis kesalahan program dan cara mengatasinya

Sebelum Anda terburu-buru untuk memperbaiki kesalahan, ada baiknya untuk mengidentifikasi jenis kesalahan pemrograman. Dengan cara ini, Anda dapat lebih tepat dan mudah menangani kesalahan yang terjadi.

jenis-kesalahan-program-dan-cara-mengatasinya

Jadi apa bug paling umum yang dialami programmer? Di artikel ini Anda akan menemukan jawabannya!

Jenis kesalahan pemrograman

Setidaknya ada tujuh jenis kesalahan pemrograman yang perlu dipahami oleh programmer. Berikut penjelasannya.
1. Kesalahan waktu proses

Runtime error adalah kesalahan yang terjadi saat program yang sedang berjalan lag atau crash. Jenis kesalahan ini terjadi tidak hanya di antara programmer, tetapi juga di antara pengguna biasa.

Dalam beberapa kasus, Anda hanya perlu memperbarui program atau perangkat yang Anda gunakan. Namun, terkadang tidak berhasil karena Anda perlu mengenali kesalahan yang terjadi.

Selain itu, ada berbagai jenis kesalahan runtime yang dapat terjadi. Misalnya, kesalahan logika dan pengkodean yang disebabkan oleh bug yang belum diperbaiki dalam proses pengembangan perangkat lunak. Untuk memperbaikinya, Anda perlu menginstal ulang program yang rusak atau menjalankannya dalam mode aman.

Selain bug perangkat lunak, kesalahan runtime juga dapat terjadi karena kurangnya memori atau secara tidak sengaja melakukan tindakan yang tidak sah. Misalnya memasukkan karakter asing di kolom teks.

Untuk mengatasi kesalahan waktu proses:

Hidupkan Kembali komputer Anda. Metode ini paling sering digunakan untuk memecahkan masalah termasuk kesalahan runtime.
Tutup aplikasi lain. Kesalahan runtime dapat terjadi ketika ada beberapa aplikasi yang berkonflik karena memakan banyak memori. Oleh karena itu, yang terbaik adalah menutup aplikasi yang tidak perlu.
Jalankan aplikasi dalam mode aman. Anda dapat boot ke Safe Mode untuk menjalankan program tertentu.
memperbarui aplikasi. Terkadang kesalahan terjadi karena Anda masih menggunakan aplikasi versi lama. Anda dapat memperbaikinya dengan mengunduh versi terbaru aplikasi secara manual melalui browser.
Instal ulang aplikasi. Jika program yang Anda gunakan rusak, Anda harus menginstalnya kembali. Namun, pastikan kamu sudah menyimpan file-file penting yang kamu butuhkan, ya.
Mulai pemulihan sistem. Tujuannya adalah untuk mengembalikan komputer ke keadaan sebelumnya. Metode ini dapat memperbaiki kesalahan runtime yang disebabkan oleh registri Windows yang rusak.
Instal ulang Windows. Anda juga dapat menginstal ulang Windows. Terutama ketika runtime error tidak dapat diperbaiki dan mempengaruhi kinerja Windows secara keseluruhan.

Baca Juga: Apa Itu Bug dan Apa Penyebabnya? [Menyelesaikan]
2. Kesalahan sintaks

Kesalahan sintaks adalah kesalahan yang dibuat saat menulis kode dalam suatu program. Ini bisa terjadi karena programmer memasukkan angka, kata, atau tanda baca yang salah. Akibatnya, format atau informasi tidak dapat dikenali oleh sistem komputer. Sehingga komputer tidak dapat memahami arti dari kode tersebut.

Tentu saja, bahasa pemrograman apa pun membutuhkan aturan tata bahasa yang tepat. Jika aturan ini dilanggar, akan terjadi kesalahan sintaks. Misalnya, ketika Anda menulis kode print(‘hello’), Anda tidak mengetikkan tanda kurung di sebelah kiri.

Dalam bahasa pemrograman C++, Anda juga dapat mengakhiri baris kode dengan titik dua, bukan titik koma. Maka jelaslah bahwa program tidak dapat dijalankan karena terjadi kesalahan sintaks.

Selain itu, kesalahan sintaks dapat terjadi jika nama variabel dan fungsi yang digunakan tidak valid. Misalnya, bahasa PHP tidak mengizinkan penggunaan nama variabel yang dimulai dengan angka. Tentu saja, jika Anda melakukan ini, Anda akan mendapatkan kesalahan sintaks.

Cara mengatasi kesalahan sintaks:

Tulis perintah atau kode dengan benar.
Temukan kode yang salah dan ganti dengan yang benar.
Jalankan pengujian menggunakan perangkat lunak debugging.
Ubah data input untuk memperbaiki kesalahan dan menghindari kesalahan di masa mendatang.
Periksa kembali setiap kode yang dimasukkan ke dalam program untuk menghindari kesalahan.

Baca Juga : Cara Mengatasi Syntax Error di WordPress
3. Kesalahan logika

Kesalahan logis adalah kesalahan dalam kode program yang menghasilkan keluaran yang salah. Penyebab utama kesalahan logika adalah kesalahan dalam logika atau algoritma.

Sayangnya, letak kesalahan dari kesalahan logika ini lebih sulit ditemukan. Karena debugger terkadang tidak memperingatkan adanya kesalahan dalam program. Karena itu, Anda harus melakukan pemeriksaan menyeluruh

LIHAT JUGA :

jasa penulis artikel terpercaya