Gejala-sosial-jenis-faktor-efek-karakteristik-tingkatan-metode
admin Posted on 7:35 pm

Gejala sosial: jenis, faktor, efek, karakteristik, tingkatan, metode

Definisi gejala sosial
Buka baca cepat

Gejala sosial adalah masalah sosial yang dipicu dan diotorisasi oleh sikap manusia dalam aktivitas sosial. Gejala sosial juga dapat diartikan sebagai gejala sosial. Pembentukan gejala sosial didasarkan pada transformasi sosial. Kita tidak bisa lepas dari transformasi sosial, tapi kita harus memprediksinya.
Jenis gejala sosial

Gejala-sosial-jenis-faktor-efek-karakteristik-tingkatan-metode
Berikut 4 jenis gejala sosial, yaitu sebagai berikut:

Secara psikologis

Sikap individu dalam aktivitas sehari-hari dikuasakan melalui sudut pandang psikologis. Ketika individu menghadapi kendala psikologis, hal tersebut dapat menimbulkan gejala sosial dalam masyarakat seperti organisasi spiritual dan perbedaan pendapat ideologis.

ekonomi

Ilmu ekonomi adalah ilmu yang berhubungan dengan pendapatan. Fase pendapatan yang dimiliki seseorang dapat menimbulkan gejala sosial di masyarakat. Jika diukur dari fase ekonomi, gejala sosial sangat erat kaitannya dengan ekonomi kerakyatan. Ketika jumlah orang yang mampu memenuhi kebutuhan minimal, beberapa fenomena sosial terbentuk di lingkungan. Dari segi ekonomi, gejala sosial yang terbentuk di masyarakat antara lain kemiskinan, pengangguran dan masalah kependudukan.
Baca lebih lanjut: Konsep Geografis

Budaya

Indonesia memiliki ragam budaya sehingga merupakan keleluasaan kita untuk bersama-sama menghormati budaya lain. Jika ada perbedaan budaya, jangan memasukkan unit ke dalam perceraian. Tidak hanya di negaranya sendiri, perbedaan budaya dengan negara lain pun patut mendapat perhatian. Perbedaan budaya yang ada disekitar kita juga dapat menimbulkan gejala sosial seperti reaksi tiruan negatif di luar negeri, kenakalan remaja dan lain-lain.

Lingkungan alami

Fenomena sosial di lingkungan alam meliputi faktor kesehatan. Orang yang terinfeksi penyakit ini dapat menyebabkan gejala sosial di daerah tersebut.
Faktor Yang Menyebabkan Gejala Sosial

Berikut 2 faktor penyebab gejala sosial, yaitu:
1. Faktor struktural

Faktor struktur adalah peristiwa yang memicu suatu struktur yang terstruktur oleh suatu struktur tertentu. Faktor struktural dapat dibaca dari struktur ikatan antar individu dan kelompok dalam masyarakat.
2. Faktor budaya

Faktor budaya adalah nilai-nilai yang hidup dan berkembang dalam masyarakat.
Pengaruh penyebab gejala sosial

Dua faktor berikut mempengaruhi gejala sosial:

Efek positif dari gejala sosial

Fenomena sosial dalam masyarakat wajid pada prinsipnya baik. Jika kita liberal dan menyelaraskan transformasi sosiokultural yang ada, maka transformasi tersebut akan berdampak positif bagi kita. Hal ini terlihat dari perkembangan di bidang teknologi, salah satunya adalah teknologi komunikasi dengan media komunikasi modern, seperti smartphone dan media komunikasi modern lainnya, yang memungkinkan kita melakukan remote contact tanpa harus bersatu secara terbuka.

Efek negatif dari gejala sosial

Siapapun yang tidak dapat membiarkan transformasi akan menghadapi fluktuasi budaya. Ketidakmampuan individu dalam melawan fenomena sosial akan menimbulkan sikap sesat.
Baca lebih lanjut: Patung

Ciri gejala sosial

Berikut ciri-ciri gejala sosial, yaitu:

Fenomena sosial sangatlah kompleks. Artinya gejala sosial dipengaruhi oleh faktor geografis, sosial ekonomi, psikologis, politik, agama, dan budaya. Jadi gejala sosialnya berbeda di tiap daerah.
Berbagai gejala sosial. Gejala sosial dikelompokkan menurut karakteristik yang berbeda. Misalnya gejala ekonomi, sosial, politik, agama, dan budaya. Ini membuat fenomena sosial menjadi sangat kompleks.
Fenomena sosial tidak universal. Seperti disebutkan sebelumnya, fenomena sosial berbeda di setiap wilayah karena mencakup berbagai faktor.
Fenomena sosial itu dinamis. Misalnya tren pakaian yang berubah dengan cepat.
Gejala sosial tidak mudah dipahami. Berbeda dengan fenomena alam yang bisa dilihat, diukur, disentuh dan dirasakan.
Gejala sosial kurang objektif. Hal ini tidak hanya dapat diperhitungkan, tetapi harus melalui berbagai jenis analisis dan penelitian sosial.
Gejala sosial bersifat kualitatif. Tingkah laku, tradisi, kebiasaan dan aktivitas sosial secara umum tidak dapat diukur, diperhitungkan bahkan ditimbang layaknya fenomena alam.
Gejala sosial sulit diprediksi. Tidak ada yang tahu kapan

 

LIHAT JUGA:

 

https://memphisthemusical.com/
https://officialjimbreuer.com/
https://timeisillmatic.com/
https://votizen.com/
https://boutiquevestibule.com/
https://ariatemplates.com/
https://worldbeforeher.com/
https://thinknext.net/
https://bootb.com/
https://excite.co.id/